PELATIHAN PETUGAS PEMETAAN DAN PEMUKTAHIRAN MUATAN WILAYAH KERJA STATISTIK SP2020

PELATIHAN PETUGAS PEMETAAN DAN PEMUKTAHIRAN MUATAN WILAYAH KERJA STATISTIK SP2020

Sensus penduduk 2020 (SP2020) akan dilaksanakan kembali oleh BPS pada tahun 2020. Salah satu upaya dalam mencapai data berkualitas adalah tersediannya kerangka induk wilayah kerja statistik yang mutakhir. Kerangka induk yang dibuat BPS selama ini terdiri dari peta dan muatan blok sensus  (BS). Untuk melengkapi berbagai metode yang akan digunakan dalam sensus dan survey selanjutnya, maka kerangka tersebut akan dilengkapi dengan informasi satuan lingkungan setempat (SLS). Dengan demikian, metode agak berbeda dengan kegiatan pemetaan dan pemuktahiran muatan wilayah kerja statistik (wilkerstat) yang sudah dilakukan sebelumnya.

Sensus penduduk (SP) 2020 adalah sensus penduduk ke-7 sejak indonesia merdeka. Pelaksanaan kegiatan pemetaan dan pemuktahiran muatan wilkerstat SP 2020 dilakukan mulai tanggal 22 april-22 mei 2019 di seluruh desa pada 514 kabupaten/kota. Kegiatan ini terdiri dari 2 tahapan, yaitu tahapan pertama adalah kegiatan pemetaan dan pemuktahiran muatan wilkerstat, serta tahap kedua adalah kegiatan pengolahan peta dan dokumen muatan wilkerstat. Dokumen muatan wilkerstat yang diolah adalah SP2020-RS dan SP2020-RD. Selanjutnya kegiatan tahap kedua disebut pengolahan peta dan RD.

Pada tahap pertama, kegiatan pemetaan dan muatan wilkerstat merupakan kegiatan lapangan, yang dilakukan dengan membawa print out peta dasar untuk penggambaran batas SLS dan batas desa/kelurahan di lapangan. Selain itu petugas dibekali dengan aplikasi wilkerstat (mobile) untuk memastikan posisi dan lokasi SLS, serta pengambilan foto dan titik koordinat landmark batas SLS dan infrastruktur desa/kelurahan. Selanjutnya petugas akan menghitung muatan SLS pada wilayah BS yang menjadi beban tugasnya.

Setelah kegiatan lapangan, tahap kedua adalah kegiatan pengolahan peta dan RD. Kegiatan ini terdiri dari pengolaha peta digital hasil pemetaan lapangan, dan pengolahan data informasi muatan wilkerstat SLS. Hasil pengolahan peta digital adalah layout peta desa/kelurahan.

Maksud kegiatan pemetaan dan pemuktahiran muatan wilkerstat SP 2020 adalah:

  1. Mengembangkan statistical spatial framework sebagai jembatan integrasi informasi statistik dan geospasial.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas ketersediaan kerangka induk wilayah kerja statistik sebagai dasar pelaksanaan lapangan SP2020.

Tujuan kegiatan pemetaan dan pemuktahiran muatan wilkerstat SP2020 adalah:

  1. Menyusun peta wilayah kerja statistik untuk SP2020.
  2. Mendapatkan kerangka induk yang mutakhir untuk SP2020.
  3. Mendukung kebijakan satu Peta Indonesia
About S. Yono 24 Articles
Sekdes

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan