Profil Desa

Sejarah Desa Banyutowo

Desa Banyutowo merupakan salah satu desa di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati yang terletak di pesisir utara pantai Laut Jawa yang berbatasan dengan wilayah kecamatan Tayu dan Kabupaten Jepara.

Penduduk Desa Banyutowo sebagian besar hidupnya tidak berbeda jauh dengan masyarakat pada umumumnya, baik dilihat dari segi pendidikan, kesejahteraan, sosial budaya, kesadaran berbangsa dan bernegara maupun kehidupan bergama. Di mana segi-segi tersebut masih perlu ditingkatkan sehingga masyarakat Desa Banyutowo mampu berdiri sendiri dalam menunjang proses pembangunan secara utuh dengan swasembadanya mampu meningkatkan taraf hidup dan kehidupan secara layak.

Desa Banyutowo pada zaman dahulu merupakan sebuah desa yang terisolir dari desa-desa di wilayah Kecamatan Dukuhseti, di mana pada waktu itu masih merupakan desa kecil yang padat akan rerimbunan pepohonan dan berpenduduk amat sangat kecil yang sebagian besar penduduk bermata pencarian sebagai nelayan kecil tradisional.

Di Desa Banyutowo terdapat situs-situs peninggalan kuno diantaranya :

  • Bangunan GITJ ( Gereja Injili di Tanah Jawa ) Banyutowo yang terletak di RT. 02 RW. 02
  • Lokasi Balai Desa yang merupakan satu-satunya aset tanah desa yang dimiliki oleh Pemerintah Desa Banyutowo ditengarai bekas tempat keramat, di belakang balai desa terdapat cungkup sebuah makam. Di sisi utara bangunan balai desa terdapat juga sebuah sumur ( belik = red jawa ) yang dikenal sebagai sumur panguripan yang diyakini oleh sebagaian masyarakat mampu mendatangkan tuah untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Namun kondisinya sudah tidak begitu terurus lagi karena sejalan dengan peradaban jaman.